Strategi Impression Management Laman Kedutaan Besar Jepang di Indonesia Selama Pandemi covid-19
Main Article Content
Di masa sekarang sosial media dapat menjadi sarana pembentukan citra diri atau impression positif. Seseorang aktor dapat mengelola bagaimana ia hadir di hadapan publik warganet. Jepang adalah salah satu negara yang memanfaatkan Facebook untuk merepresentasikan entitasnya melalui laman Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. Penelitian ini akan menelusuri lebih dalam bagaimana Jepang membentuk serta mempertahankan citra diri atau impression di saat permasalahan global Pandemi Covid-19 melalui laman Facebook kedubes Jepang di Indonesia dengan mengunggah teks, gambar dan video yang mampu memengaruhi khalayak umum sehingga tercipta gambaran positif Jepang dan terpupuk hubungan persahabatan antara Jepang dengan publik Indonesia. Kajian ini akan mencermati konten-konten yang dipublikasi laman Facebook kedutaan besar Jepang setelah adanya pandemi Covid-19 dengan teori impression management oleh Bolino dan Turnley.