Strategi Digital Marketing pada Toko Online Shop Dope and Adapt Melalui Live Streaming di TikTok Shop

Main Article Content

Ahmad Habibi
Universitas Paramadina
Ulfa Zahratul Husna
Universitas Paramadina

Melihat berkembang cepatnya teknologi, dunia digital dan internet tentu berimbas pada dunia pemasaran. Tren pemasaran di dunia telah bergeser dari offline tradisional ke online digital. Media sosial TikTok sebagai salah satu alternatif untuk menjual produk, hal ini dinilai lebih cepat dalam memasarkan suatu produk, dimana media baru memiliki keuntungan yang sangat cepat dalam memasarkan suatu produk karena tingginya penggunaan media sosial tersebut. Penelitian ini menggunaka pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dalam hal ini peneliti melihat bagaimana strategi yang dilakukan oleh Dope And Adapt untuk meningkatkan peluang penjualanya. Pertanyaan ‘bagaimana’ dan ‘mengapa’ pada dasarnya lebih ekplanatoris dan lebih mengarah pada penggunaan strategi studi kasus, historis, dan eksperimen.produk yang dijual mengikuti trend yang ada saat ini dimana baju sebagai salah satu produk yang mudah dijual dan dipasarkan namun tetap melihat pasar yang trend saat ini. Hasil pengamatan peneliti terkait penerapan bauran pemasaran yang dilakukan Dope And Adapt berupa : 1. Harga spesial untuk setiap live streaming diakun TikTok, 2. Tempat menarik untuk melakukan live streaming, 3. Promosi juga dilakukan pada Instagram Feed, Instagram Story, Facebook, Twitter hingga shopee untuk menambah penjualan, 4. Mempunyai 2 tim khusus yang pernah bertugas meng handle platfrom penjualan, 5. Rutin mengikuti bazzar–bazzar, 6. Sering memberikan secara gratis seperti gelang, bandana, stiker, dan  7. Memberikan pengalaman senang berbelanja di akun tersebut. Media sosial TikTok sebagai sarana promosi yang digunakan Dope And Adapt sangatlah mempengaruhi penjualan produknya, dibandingkan dengan produk lainnya, namun hal ini terjadi bisa karena Dope And Adapt lebih berfokus pada TikTok dalam penjualnnya, sehingga produk yang dijual di media sosial lainnya tidak ter update dengan baik, Dope And Adapt lebih memilih TikTok karena lengkapnya fitur yang ada sehingga mempermudah dalam melakukan penjualan dimana TikTok yang memiliki fitur seperti, edit video, Voice changer, TikTok Shop, dan Live streaming TikTok yang membuat Dope And Adapt lebih berfokus pada hal tesebut. Keuntungan dan pengaruh penjualan yang cukup besar membuat Dope And Adapt sangat merasa diuntungkan pada aplikasi tersebut.


Keywords: Pemasaran, TikTok, Trend, Penjualan