Pengaruh Manajemen Krisis Kasus Hacker Bjorka Terhadap Reputasi Kementerian Komunikasi dan Informatika

Authors

  • Muhammad Amar Farhan Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sadiyah El Adawiyah Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i10.2722

Keywords:

Manajemen Krisis, Reputasi, Hacker, Citra, Public Relations

Abstract

Perkembangan globalisasi menghilangkan batas-batas interaksi dan komunikasi. Hal ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk siap menjaga data pribadi warganya. Munculnya hacker Bjorka adalah salah satu dampak dari globalisasi dan ketidaksiapan pemerintah dalam menjaga data pribadi warganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur seberapa besar pengaruh dari manajemen krisis kasus hacker Bjorka terhadap reputasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Penelitian ini menggunakan dua teori, yaitu teori manajemen krisis dengan muatan perencanaan manajemen krisis, upaya menanggulangi krisis, dan peran public relations serta teori reputasi dengan muatan behavior, performance, dan communication. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey dengan kuisioner. Dengan menggunakan sebanyak 90 responden yang dipilih berdasarkan hitungan rumus dan menggunakan stratified random sampling untuk menentukan besar sampel tiap tingkat dari responden yang telah ditentukan. Hasil pada penelitian ini, yaitu: a) Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan manajemen krisis dengan baik sesuai dengan teori manajemen krisis; b) Kementerian Komunikasi dan Informatika berhasil menjaga reputasinya dari ancaman krisis yang terjadi akibat hacker Bjorka; c) Ada pengaruh antara manajemen krisis kasus hacker Bjorka terhadap reputasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dengan ini maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Besaran pengaruh yang diberikan dari manajemen krisis terhadap reputasi sebesar 42,6%.

Downloads

Published

2025-10-06

How to Cite

Farhan, M. A., & Adawiyah, S. E. . (2025). Pengaruh Manajemen Krisis Kasus Hacker Bjorka Terhadap Reputasi Kementerian Komunikasi dan Informatika. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(10), 1993–1999. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i10.2722