DESIGN AND IMPLEMENTATION OF SNACK FOOD BUSINESS

Main Article Content

Anggita Novie Rianawati
Universitas Islam Indonesia
Abdur Rafik
Universitas Islam Indonesia

Bisnis makanan memang banyak dicoba oleh para pelaku usaha. Peluang bisnis makanan di Indonesia cukup tinggi, bisa dilihat dari banyaknya bisnis kuliner yang baru bermunculan dan berkembang dengan pesat. Biasanya bisnis makanan memiliki modal yang tidak terlalu besar, makanya banyak sekali pelaku usaha yang menggelutinya. Selain itu, makanan juga merupakan kebutuhan manusia setiap saat, karenanya usaha di bidang makanan memiliki banyak peminat. Inovasi terkait makanan pun semakin bertambah. Usaha ini memberikan alternatif pilihan lain untuk camilan bagi orang yang suka nyemil. Karena banyak orang yang menyukai camilan, produk ini hadir untuk menjadi alternatif pilihan camilan yang berbeda. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan suatu usaha dengan produk makanan ringan yang dilakukan oleh penulis. Penulisan ini berisi perjalanan melaksanakan usaha mulai dari melakukan perencanaan sampai melaksanakannya dan mengatasi permasalahan yang ada dan terjadi. Dalam penulisan ini terkandung empat aspek manajemen yakni aspek operasional, aspek sumber daya manusia, aspek pemasaran dan aspek keuangan.


Keywords: bisnis makanan;, camilan;, produk makanan ringan;, aspek manajemen