PENGARUH MANAJEMEN KURIKULUM DAN KINERJA SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) KOTA BOGOR

Main Article Content

Ade Dewi Kemala
a:1:{s:5:"en_US";s:21:"Universitas Gunadarma";}
Teddy Oswari
Universitas Gunadarma

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kurikulum dan kinerja sekolah secara parsial dan simultan terhadap mutu pendidikan dan faktor yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap mutu pendidikan di SMA Negeri Kota Bogor. Populasi pada penelitian ini adalah guru PNS yang ada di SMA Negeri di Kota Bogor dengan sampel sebanyak 200 orang. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan yaitu metode angket dengan kuesioner atau menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden. Metode analisis menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa persamaan regresi adalah Y = 1,453 + 0,212X1 + 0,736X2. Secara parsial masing-masing variabel (manajemen kurikulum dan kinerja sekolah) berpengaruh terhadap mutu pendidikan karena t hitung > t tabel dan nilai signifikasi yaitu < 0,05, Berdasarkan uji F (simultan) diperoleh bahwa variabel manajemen kurikulum dan kinerja sekolah berpengaruh signifikan terhadap mutu pendidikan karena F hitung sebesar 56,158 > F tabel 3,04 dan nilai siginikan 0,000. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi nilai adjusted R square yang diperoleh sebesar 36,3% sedangkan sisanya 63,37% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords: Manajemen kurikulum;, Kinerja Sekolah;, mutu pendidikan