UNVEILING THE EFFICACY OF SOCIAL MEDIA MARKETING TACTICS TO AMPLIFY BRAND AWARENESS: A CASE STUDY OF @SHIPPER.ID ON INSTAGRAM

Main Article Content

Camila Safitri
Universitas Multimedia Nusantara
Silvanus Alvin
Universitas Multimedia Nusantara

Media sosial telah menjadi alat yang sangat efektif untuk meningkatkan kesadaran merek. Shipper Indonesia, sebuah perusahaan aggregator logistik dan gudang, menggunakan Instagram untuk berhubungan dengan audiens targetnya. Penelitian ini mengeksplorasi pentingnya pemasaran media sosial dan strategi Shipper di Instagram. Media sosial mencakup jaringan virtual dan platform online yang memungkinkan pertukaran dan penyebaran konten yang dibuat oleh pengguna, melampaui batas geografis. Aksesibilitasnya yang luas memungkinkan merek mencapai audiens yang beragam di seluruh dunia. Keuntungan utama pemasaran media sosial terletak pada pengiriman konten yang sangat ditargetkan ke segmen audiens tertentu melalui analisis data. Shipper menciptakan konten yang dipersonalisasi sehingga tepat sasaran dengan audiens targetnya, memperkuat hubungan merek. Beragam format konten di media sosial, seperti gambar, video, dan jajak pendapat interaktif, menarik perhatian pengguna dan meningkatkan berbagi pesan merek. Interaksi secara real-time memungkinkan Shipper untuk dengan cepat menanggapi pertanyaan pelanggan, membangun kepercayaan dan loyalitas. Kolaborasi dengan influencer juga memperluas jangkauan Shipper dan pemasaran dari mulut ke mulut. Strategi Instagram Shipper melibatkan penelitian awal, pembuatan konten di bawah tiga pilar (edukasi, meme, dan layanan), kolaborasi dengan KOL (Key Opinion Leader), dan seminar daring dengan mentor merek. Ini efektif membangun kesadaran merek dan membina rasa komunitas. Fokus pada Generasi Y dan Z, Shipper sesuai dengan karakteristik yang cenderung mahir dalam teknologi dan berorientasi bisnis dari audiens targetnya. Popularitas Instagram di kalangan generasi ini memperkuat kehadiran Shipper. Penelitian ini menyoroti pentingnya pemasaran media sosial untuk kesadaran merek dan menekankan perlunya menggunakan platform digital untuk berhubungan dengan konsumen dan membangun hubungan dengan mereka secara efektif.


Keywords: Social Media Marketing, ShipperID, Gen-Z, Influencer Marketing