Analisis Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan di Klinik Penyakit dalam RSU dr. Pirngadi Kota Medan

Main Article Content

Wella Daniati
Institut Kesehatan Helvetia
Arifah Devi Fitriani
Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia
Jamaluddin Jamaluddin
Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia

Pelayanan rumah sakit sebagai salah satu bidang jasa yang memegang peranan penting. Berdasarkan hasil wawancara kepada 8 informan menyatakan bahwa keluhan dokter kurang jelasnya informasi tentang penyakit yang diderita, ruangan yang kurang nyaman, administrasi pendaftaran yang lama dan membingungkan, perawat tidak tepat waktu saat dibutuhkan pasien. Lokasi penelitian ini dilakukan di RSU. Dr. Pirngadi Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu pelayanan terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 16.638 orang pasien dengan sampel yang diambil accidental sampling yaitu 100 orang. Metode pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder. Analisa data yang digunakan yaitu uji regresi binary logistic. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keprofesian memiliki nilai sig-p 0,023 < 0,05, efisiensi sig-p 0,006 < 0,05, keamanan sig-p 0,025 < 0,05 dan kepuasan sig-p 0,004 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini ada pengaruh keprofesian, efisiensi, keamanan dan kepuasan terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat jalan. Diharapkan dapat menjadi acuan agar lebih memahami pentingnya mutu pelayanan yang sesuai dengan peraturan kementerian kesehatan guna meningkatkan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien secara maksimal


Keywords: mutu pelayanan; minat kunjung ulang; pasien rawat jalan.