Penerapan Teori Psikologi Pendidikan Siswa Sekolah Dasar Negeri Kalideres 06 Pagi

Authors

  • Rika Anggraeni Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Kurnia Tri Astuti Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i3.43

Abstract

Pandemi covid-19 telah menganggu proses pembelajaran secara konvensionl. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring di SDN Kalideres 06 Pagi, Jakarta Barat sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di Sekolah dasar. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4. Data yang dikumpulkan dengan wawancara virtual dan langsung ke sekolah dengan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Teori psikologi pendidikan tetap diterapkan dalam pembelajaran di situasi pandemi Covid-19; (2) Teori Behaviorisme dan Teori Konstruktivisme adalah teori yang paling dominan; (3) Pembelajaran yang dilakukan melalui via chat dan zoom cloud meetings.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Anggraeni, R., Tri Astuti, K., & Magdalena, I. (2021). Penerapan Teori Psikologi Pendidikan Siswa Sekolah Dasar Negeri Kalideres 06 Pagi. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(3), 291–298. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i3.43