Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan Konsumen di Apotek Bio Medika Soreang Periode Bulan Mei 2021
Main Article Content
Latar Belakang: Apotek adalah salah satu pelayanan kesehatan dalam bentuk pelayanan kefarmasian yang meliputi tersedianya produk yang bermutu dan disertai dengan pemberian informasi yang memadai. Faktor kualitas pelayanan meliputi kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan konsumen di Apotek Bio Medika Soreang.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan secara kuantitatif, menggunakan pengumpulan data melalui penyebaran kuisoner, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian yang digunakan yaitu 96 pasien di Apotek Bio Medika Soreang.
Hasil: Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan kefarmasian secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kesimpulan: Kualitas pelayanan yang baik berbanding lurus dengan kepuasan konsumen. Konsumen yang merasa puas cenderung menjadi konsumen yang loyal.