Strategi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar di Masa Pandemi COVID-19

Authors

  • Syarifah Farhana Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Agustini Safitri Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i3.33

Keywords:

COVID-19; daring; guru; kinerja.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan kualitas mengajar selama masa Pandemi COVID-19 di MTS AL-Mubarok, Panunggangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi Subjeknya adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online memudahkan guru dalam melakukan transfer informasi pada berbagai situasi dan kondisi, karena pembelajaran online didukung oleh berbagai platform mulai dari diskusi hingga tatap muka secara virtual. Namun, hal ini perlu di evaluasi dan disesuaikan dengan kondisi setempat, mengingat kemampuan orang tua memberikan fasilitas pembelajaran online berbeda. Kuncinya adalah memaksimalkan kemampuan peserta didik belajar dalam kondisi pandemic seperti ini.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Farhana, S., Magdalena, I., & Safitri, A. (2021). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Mengajar di Masa Pandemi COVID-19. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(3), 313–320. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i3.33