Konsep Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Devi Fitriya Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nur Fauziah Fadhillahwati Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i3.30

Keywords:

Covid-19; Pembelajaran Daring; Faktor Pendukung; Faktor Penghambat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis proses pembelajaran melalui daring, bagaimana tingkat kesiapan guru dalam  menyelenggarakan pembelajaran daring, bagaimana tingkat kesiapan siswa dalam  menerima pembelajaran daring. Faktor-faktor pendukung serta faktor-faktor penghambat guru dalam  melaksanakan pembelakaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 16 Pagi Cengkareng Barat.  Penelitian ini bersifat kualitatif.  Subjek data yang digunakan dalam penelitian adalah guru sekolah dasar di SDN 16 Pagi Cengkareng Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penlitian ini berupa angket terbuka, wawancara semi tersturktur, dokumentasi, dan hasil catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran, pembelajaran yang biasanya dilaksankan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran daring. Peserta didik merasa jenuh dan bosan selama melaksankan pembelajaran. Pembelajaran daring yang dilakukan untuk anak usia sekolah dasar dirasa kurang efektif. 

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Fitriya, D., Magdalena, I., & Fauziah Fadhillahwati, N. . (2021). Konsep Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(3), 182–188. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i3.30