Konsep Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i3.30Keywords:
Covid-19; Pembelajaran Daring; Faktor Pendukung; Faktor PenghambatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganlisis proses pembelajaran melalui daring, bagaimana tingkat kesiapan guru dalam menyelenggarakan pembelajaran daring, bagaimana tingkat kesiapan siswa dalam menerima pembelajaran daring. Faktor-faktor pendukung serta faktor-faktor penghambat guru dalam melaksanakan pembelakaran daring di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 16 Pagi Cengkareng Barat. Penelitian ini bersifat kualitatif. Subjek data yang digunakan dalam penelitian adalah guru sekolah dasar di SDN 16 Pagi Cengkareng Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penlitian ini berupa angket terbuka, wawancara semi tersturktur, dokumentasi, dan hasil catatan lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi COVID-19 membawa dampak yang sangat besar terhadap proses pembelajaran, pembelajaran yang biasanya dilaksankan secara langsung kini dialihkan menjadi pembelajaran daring. Peserta didik merasa jenuh dan bosan selama melaksankan pembelajaran. Pembelajaran daring yang dilakukan untuk anak usia sekolah dasar dirasa kurang efektif.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Devi Fitriya, Ina Magdalena, Nur Fauziah Fadhillahwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




