Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Menggunakan Strategi Bioedutainment untuk meningkatkan Hasil Bekerja Kognitif Pada Konsep Materi Sistem Eksresi pada kelas Xl Man Ambon
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i6.2693Keywords:
Group Investigation, Bioedutainment, hasil belajar BiologiAbstract
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi rendahnya capaian KKM Biologi (Sistem Ekskresi) pada siswa kelas XI MAN Ambon—hanya 38 % dari 13 siswa memenuhi nilai ?70. Tujuan riset adalah meningkatkan hasil belajar kognitif melalui penerapan model kooperatif Group Investigation (GI) berpadu strategi Bioedutainment, yang menekankan kerja kelompok, investigasi mandiri, dan aktivitas menghibur. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus (perencanaan–tindakan–observasi–refleksi) pada semester ganjil 2024/2025. Data kuantitatif diperoleh dari tes kognitif tiap akhir siklus; data kualitatif berasal dari lembar observasi aktivitas guru-siswa. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan: rata-rata nilai meningkat dari 56,92 (siklus I) menjadi 76,15 (siklus II); ketuntasan belajar melonjak dari 53,84 % (7 siswa) menjadi 84,61 % (11 siswa), melewati target KKM 70 %. Observasi juga merekam kenaikan partisipasi siswa dan kejelasan fasilitasi guru selama diskusi investigatif berbasis permainan biologi. Simpulannya, model GI berstrategi Bioedutainment efektif memperbaiki prestasi kognitif dan keterlibatan belajar pada materi Sistem Ekskresi. Disarankan siswa terus memanfaatkan teknik belajar aktif untuk mengulang materi, sedangkan guru dianjurkan mempertahankan pendekatan kooperatif-edutainment serupa guna menjaga motivasi dan keberlanjutan peningkatan hasil akademik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mujuna Hatuala, Aulia Aulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.