Analisis Kompetensi Perekam Medis Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cicalengka DTP
Main Article Content
Latar belakang: Rekam medis menjadi salah satu bagian yang perlu diperhatikan di sebuah Puskesmas dalam hal pelayanan kepada pasien. Pendidikan merupakan salah satu aspek yang mempengaruhi pengetahuan dan pemahaman perekam medis dalam melaksanakan tugasnya. Pengetahuan tentang rekam medis akan berdampak besar pada kinerja sebagai perekam medis. Pelayanan yang diberikan dengan baik akan mempengaruhi tingkat kepuasan pasien.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Kompetensi Perekam Medis terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Cicalengka DTP.
Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara Observasi dan Studi Pustaka melalui data dari Puskesmas Cicalengka DTP. Responden dalam penelitian ini adalah petugas perekam medis dan pasien di Puskesmas Cicalengka DTP.
Hasil: Perekam medis di Puskesmas Cicalengka DTP memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Cicalengka DTP menunjukkan hasil yang sudah baik dilihat dari 80% jumlah perekam medis yang sudah memahami tugas dan kinerjanya..
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian bahwa petugas rekam medis di Puskesmas Cicalengka DTP sudah kompeten. Kompetensi yang dimiliki perekam medis di Puskesmas Cicalengka DTP menunjukan hasil yang baik. Hal ini dilihat dari kemampuan perekam medis dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sesuai SOP yang berlaku. Kompetensi yang dimiliki oleh perekam medis sangat mempengaruhi kualitas pelayanan kesehatan. Dilihat dari IKM (indeks kepuasan masyarakat) bahwa layanan pendaftaran memiliki IKM sebesar (88,48%) dari 270 orang, kemudian pada poli umum sebesar (88,52%) dari 212 orang dan pada poli gigi menunjukan hasil (87,26%) dari 191 orang pasien.