Preferensi Konsumen Antara Lumpia Pisang Dan Lumpia Ubi Ungu Di Pasar Modern Citraland Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i8.2671Keywords:
preferensi konsumen, lumpia pisang, lumpia ubi ungu, pasar modern citralandAbstract
Penelitian ini menganalisis preferensi konsumen antara lumpia pisang dan lumpia ubi ungu di Pasar Modern Citraland Surabaya menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen lebih menyukai lumpia pisang dibandingkan lumpia ubi ungu, terutama dalam aspek rasa, tekstur, dan aroma. Sebagian besar responden berusia di atas 40 tahun dan memiliki frekuensi kunjungan lebih dari lima kali dalam sebulan. Meskipun lumpia ubi ungu lebih menarik dalam aspek warna tampilan, faktor utama dalam keputusan pembelian adalah rasa (88%). Faktor kesehatan juga dipertimbangkan, tetapi bukan faktor dominan. Lumpia pisang lebih sering dikonsumsi dan lebih banyak direkomendasikan dibandingkan lumpia ubi ungu. Sebagian besar konsumen membeli lumpia di toko kue dan pasar tradisional, sementara pembelian secara online belum dilakukan. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar produsen lumpia ubi ungu melakukan inovasi rasa, meningkatkan aspek tekstur dan aroma, serta menonjolkan keunggulan warna dan manfaat kesehatan dalam strategi pemasaran. Diversifikasi produk dan ekspansi distribusi, termasuk melalui platform digital, juga dapat meningkatkan daya tarik dan penjualan. Penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengeksplorasi faktor lain, seperti harga dan ukuran porsi, guna memperoleh strategi pemasaran yang lebih efektif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cindita Ginting, Elizabeth Lakeisha Aurelia Clarence

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.