Analisis Citra Publik dan Kepuasan Publik Terhadap Pilihan Paslon 02. Penelitian pada Organisasi Tani Merdeka di Provinsi Jawa Tengah

Main Article Content

Dyah Ayu Syukma Pertiwi
UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
Didik Didik Subiyanto
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman terhadap faktor-faktor yang memengaruhi keputusan memilih, khususnya dalam konteks komunikasi politik dan persepsi publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra publik dan metode sosialisasi terhadap kepuasan dan keputusan memilih, serta menguji peran mediasi kepuasan dalam hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan analisis data menggunakan uji regresi serta Sobel test. Responden penelitian adalah pemilih aktif yang terpapar kampanye politik Tani Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra publik dan metode sosialisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Namun, hanya metode sosialisasi dan kepuasan yang berpengaruh langsung terhadap keputusan memilih, sementara citra publik tidak berpengaruh langsung. Meskipun demikian, kepuasan terbukti memediasi secara signifikan hubungan antara citra publik dan keputusan memilih, serta antara metode sosialisasi dan keputusan memilih. Hasil ini mengindikasikan bahwa kepuasan menjadi variabel kunci dalam memperkuat pengaruh citra publik dan metode sosialisasi terhadap perilaku memilih. Temuan ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku politik dan pembuat kebijakan dalam menyusun strategi komunikasi yang lebih efektif dan berorientasi pada kepuasan publik guna membentuk preferensi pemilih yang kuat dan berkelanjutan.


Keywords: citra publik, metode sosialisasi, kepuasan, keputusan memilih, Fitoremediasi