Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Instalasi Farmasi RS TNI AU dr. M. Salamun

Main Article Content

Crisnawati Heryanadi
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
Ergi Septi Hardian
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
Moh. Rizky Adriansyah
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah persepsi pasien bahwa harapannya telah terpenuhi atau terlampaui, dan pasien akan merasa puas apabila kinerja pelayanan kesehatan yang dia peroleh sama atau melebihi apa yang dia harapkan.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana evaluasi tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian depo rawat jalan di instalasi farmasi rumah sakit TNI angkatan udara dr. M. Salamun Bandung periode april - mei 2021.


Metode: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Kepuasan ini dinilai dari memberikan kuesioner kepada pasien atau keluarga pasien kemudian dianalisis dengan cara deskriptif. Pengambilan sampel data melalui kuesioner sebanyak 75 responden pasien periode april hingga mei 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien depo rawat jalan periode april hingga mei 2021.


Hasil: Berdasarkan hasil penelitian persepsi tingkat kepuasan terbesar ada pada dimensi penampilan (tangible) 72% dengan parameter kepuasaan tertinggi pada penampilan dan fasilitas apotek rumah sakit diluar maupun di dalam, dimensi jaminan (assurance) 70%, dimensi ketanggapan (responsiveness) 67%, dimensi empati (emphaty) 66%, sedangkan parameter kepuasaan terendah ada pada dimensi  keandalan (reliability) 65% pada prosedur pelayanan tidak berbelit-belit dan mudah dimengerti.


Kesimpulan: Persentase rata-rata tingkat kepuasan  pasien rawat jalan di Rumah Sakit TNI angkatan udara dr. M. Salamun Bandung secara keseluruhan sebesar 68% dengan klasifikasi kepuasan adalah puas.


Keywords: kepuasan pasien, pelayanan kefarmasian, rawat jalan.