Tinjauan Ketepatan Penggunaan Simbol dan Singkatan pada Ringkasan Pulang di Rumah Sakit Pusri Palembang

Main Article Content

Budiantono Budiantono
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
Elta Miliana
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
Dina Sonia
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Latar Belakang: Simbol dan singkatan yang termasuk dalam standar SNARS Edition 1.1 terdapat di kelompok standar manajemen rumah sakit yaitu Manajemen Informasi Rekam Medis (MIRM 12).


Tujuan: Tujuan penelitian yaitu mengidentifikasi ketepatan penggunaan simbol dan singkatan pada ringkasan pulang.


Metode: Metode penelitian yaitu deskriptif restrospektif. Populasi dalam penelitian yaitu dokumen rekam medis rawat inap pada ringkasan pulang di Rumah Sakit Pusri Palembang  pada bulan Juni 2021. Besar sampel yaitu 153 berkas rekam medis pada ringkasan pulang dengan menggunakan rumus slovin. Instrumen penelitian menggunakan checklist dengan metode observasi dan dokumentasi.


Hasil: Rumah Sakit Pusri Palembang sudah memiliki pedoman penulisan simbol dan singkatan namun dalam pelaksanaannya masih terdapat penggunaan simbol dan singkatan yang tidak tepat dan tidak ada didalam buku pedoman dan SPO simbol singkatan.


Kesimpulan: Berdasarkan hasil observasi dan dokumentasi bahwa singkatan yang tidak tepat 11 %, tidak ada di buku pedoman 13 %, presentasi singkatan yang tepat 76%. Sedangkan simbol yang tidak ada didalam buku pedoman 58 %, presentasi simbol yang tepat 42%.


Keywords: simbol dan singkatan, rekam medis, SNARS Edition 1.1.