Integrasi Tasawuf Dalam Pendidikan Karakter: Analisis Filosofis Spiritual Dan Moral
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i3.2557Keywords:
Tasawuf, Pendidikan, Karakter, Spiritul, MoralAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara tasawuf dan pendidikan karakter, serta menampilkan kebaruan dalam pendekatan spiritual dan moral dari perspektif filsafat pendidikan. Dalam menghadapi tantangan pendidikan karakter di era modern, diperlukan pendekatan yang lebih holistik. Tasawuf, yang kaya akan nilai-nilai spiritual, dapat menjadi alternatif untuk memperkuat pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur yang relevan untuk menganalisis hubungan antara tasawuf dan pendidikan karakter. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam dimensi spiritual, tasawuf dan pendidikan memiliki tujuan yang sama, yaitu mendekatkan diri kepada Tuhan. Dalam dimensi moral, tasawuf menekankan nilai-nilai seperti kasih sayang, toleransi, kejujuran, dan pengabdian. Integrasi tasawuf dalam pendidikan karakter menghadirkan pendekatan yang lebih mendalam dalam pengembangan individu dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan moral dan spiritualitas. Penelitian ini menegaskan bahwa tasawuf menyediakan solusi inovatif untuk tantangan pendidikan karakter, dengan menawarkan pendekatan yang lebih integratif dan spiritual. Kebaruan penelitian ini terletak pada penggabungan nilai-nilai tasawuf dalam konteks pendidikan karakter, yang belum banyak dieksplorasi dalam penelitian sebelumnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mushofa Mushofa, Muhammad Iqbal, Irfan Noor

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





