Integrasi Tasawuf Dalam Pendidikan Karakter: Analisis Filosofis Spiritual Dan Moral

Authors

  • Mushofa Mushofa UIN Antasari Banjarmasin
  • Muhammad Iqbal UIN Antasari Banjarmasin
  • Irfan Noor UIN Antasari Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i3.2557

Keywords:

Tasawuf, Pendidikan, Karakter, Spiritul, Moral

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara tasawuf dan pendidikan karakter, serta menampilkan kebaruan dalam pendekatan spiritual dan moral dari perspektif filsafat pendidikan. Dalam menghadapi tantangan pendidikan karakter di era modern, diperlukan pendekatan yang lebih holistik. Tasawuf, yang kaya akan nilai-nilai spiritual, dapat menjadi alternatif untuk memperkuat pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan metode library research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur yang relevan untuk menganalisis hubungan antara tasawuf dan pendidikan karakter. Hasil kajian menunjukkan bahwa dalam dimensi spiritual, tasawuf dan pendidikan memiliki tujuan yang sama, yaitu mendekatkan diri kepada Tuhan. Dalam dimensi moral, tasawuf menekankan nilai-nilai seperti kasih sayang, toleransi, kejujuran, dan pengabdian. Integrasi tasawuf dalam pendidikan karakter menghadirkan pendekatan yang lebih mendalam dalam pengembangan individu dan mendorong masyarakat untuk meningkatkan moral dan spiritualitas. Penelitian ini menegaskan bahwa tasawuf menyediakan solusi inovatif untuk tantangan pendidikan karakter, dengan menawarkan pendekatan yang lebih integratif dan spiritual. Kebaruan penelitian ini terletak pada penggabungan nilai-nilai tasawuf dalam konteks pendidikan karakter, yang belum banyak dieksplorasi dalam penelitian sebelumnya.

Downloads

Published

2025-03-23

How to Cite

Mushofa, M., Iqbal, M. ., & Noor, I. . (2025). Integrasi Tasawuf Dalam Pendidikan Karakter: Analisis Filosofis Spiritual Dan Moral . Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(3), 983–995. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i3.2557