Tinjauan Waktu Penyediaan Berkas Rekam Medis di Puskesmas Mangunjaya pada Masa Pandemi COVID-19

Main Article Content

Adhya Widyastamikdar
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
Meira Hidayati
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Latar Belakang: Penyelenggaraan sistem rekam medis yang baik merupakan pelayanan yang cepat dan tepat. Kepuasan pelanggan bergantung terhadap tepat dan cepatnya penyediaan berkas rekam medis ke unit pelayanan yang dituju, khususnya pelayanan rawat jalan.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi lama waktu dalam pelaksanaan penyediaan berkas rekam medis di masa pandemi COVID-19.


Metode: Berdasarkan tinjauan di Puskesmas Mangunjaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran ditemukan bahwa dalam penyediaan berkas rekam medis kurang maksimal dan mengalami keterlambatan. Penulis bermaksud mengadakan penelitian secara deskriptif. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, stopwatch, dan wawancara.


Hasil: Besar sampel adalah 45 berkas rekam medis dengan teknik accidental sampling. Analisis data dengan analisis univariat. Survei menunjukan bahwa 48,89% berkas rekam medis terlambat penyediaan nya dengan rata-rata waktu 17,76 menit, melebihi standar pelayanan minimal yakni di 10 menit. Hal ini disebabkan meningkatnya kunjungan pasien lama, pasien lama tidak selalu membawa KIB (Kartu Identitas Berobat), berkas rekam medis pasien lama ada sebagian yang hilang dan harus dibikin ulang.


Kesimpulan: Kesimpulannya ketidaksesuaian dan keterlambatan penyediaan berkas rekam medis pasien lama serta alur penyediaan berkas rekam medis. Untuk pemecahan masalah tersebut sebaiknya kualitas pelayanan lebih di tingkatkan khususnya dalam hal kecepatan penyediaan berkas rekam medis di masa pandemi COVID-19 dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan.


Keywords: kecepatan penyediaan;, rata-rata kecepatan;, alur.