Pengaruh School Brand Orientation terhadap Teacher Retention Melalui Employer Branding Orientation dan Internal Branding yang Dimoderasi oleh Internal Corporate Social Responsibility di Sekolah XYZ Bogor

Authors

  • Novi Tanasa Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i5.2537

Keywords:

school brand orientation, employer branding orientation, internal branding, internal corporate social responsibility, teacher retention

Abstract

Retensi guru merupakan faktor krusial dalam menjaga kualitas pendidikan dan reputasi sekolah, terutama di sekolah yang sedang berkembang seperti Sekolah XYZ Bogor. Meskipun berbagai strategi branding seperti school brand orientation, employer branding orientation, dan internal branding telah diterapkan, tingkat retensi guru masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh school brand orientation terhadap teacher retention melalui peran mediasi employer branding orientation dan internal branding, serta menguji moderasi internal Corporate Social Responsibility (ICSR) dalam hubungan internal branding dan teacher retention. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 60 guru di Sekolah XYZ Bogor. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa school brand orientation dan internal branding berpengaruh positif terhadap teacher retention, sedangkan employer branding orientation tidak berpengaruh langsung dan ICSR tidak memoderasi hubungan internal branding dan teacher retention. Implikasi penelitian ini mengarahkan pada pentingnya penguatan school brand orientation dan internal branding sebagai strategi utama untuk meningkatkan retensi guru, serta evaluasi lebih lanjut peran employer branding dan CSR internal dalam konteks pendidikan.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Tanasa, N. (2025). Pengaruh School Brand Orientation terhadap Teacher Retention Melalui Employer Branding Orientation dan Internal Branding yang Dimoderasi oleh Internal Corporate Social Responsibility di Sekolah XYZ Bogor. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(5), 1770–1785. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i5.2537