Pengaruh School Brand Orientation terhadap Teacher Retention Melalui Employer Branding Orientation dan Internal Branding yang Dimoderasi oleh Internal Corporate Social Responsibility di Sekolah XYZ Bogor
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i5.2537Keywords:
school brand orientation, employer branding orientation, internal branding, internal corporate social responsibility, teacher retentionAbstract
Retensi guru merupakan faktor krusial dalam menjaga kualitas pendidikan dan reputasi sekolah, terutama di sekolah yang sedang berkembang seperti Sekolah XYZ Bogor. Meskipun berbagai strategi branding seperti school brand orientation, employer branding orientation, dan internal branding telah diterapkan, tingkat retensi guru masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh school brand orientation terhadap teacher retention melalui peran mediasi employer branding orientation dan internal branding, serta menguji moderasi internal Corporate Social Responsibility (ICSR) dalam hubungan internal branding dan teacher retention. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 60 guru di Sekolah XYZ Bogor. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa school brand orientation dan internal branding berpengaruh positif terhadap teacher retention, sedangkan employer branding orientation tidak berpengaruh langsung dan ICSR tidak memoderasi hubungan internal branding dan teacher retention. Implikasi penelitian ini mengarahkan pada pentingnya penguatan school brand orientation dan internal branding sebagai strategi utama untuk meningkatkan retensi guru, serta evaluasi lebih lanjut peran employer branding dan CSR internal dalam konteks pendidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Novi Tanasa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




