Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Pembelajaran Matematika Kelas 5 Sd Gmit Atambua III
Main Article Content
Hasil belajar yang bermutu hanya dapat diperoleh dari proses pembelajaran yang berkualitas baik pula. Situasi yang dihadapi Penulis yang mana hasil belajar Matematika pada siswa kelas 5 SD GMIT Atambua III rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang dilakukan guru hanya bersifat ceramah dan kurangnya partisipasi aktif dari siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menerapkan model pembelajaran inovatif dan interaktif dalam pembelajaran matematika, guna meningkatkan partisipasi aktif serta pemahaman konsep siswa. Model pembelajaran ini dirancang untuk mengatasi tantangan dalam pembelajaran matematika yang sering kali dianggap sulit dan membosankan oleh siswa. Prosedur pelaksanaan penelitian melibatkan tahap perencanaan, pengembangan, implementasi, serta evaluasi model pembelajaran melalui kegiatan pengajaran di kelas. Model ini menggabungkan strategi pembelajaran aktif, seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, dan penggunaan alat peraga visual. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman konsep matematika siswa serta motivasi mereka dalam mengikuti pembelajaran. Penggunaan model inovatif dan interaktif ini juga membantu dalam mengurangi tingkat kejenuhan siswa terhadap mata pelajaran matematika. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran inovatif dan interaktif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas. Sebagai tindak lanjut, disarankan agar model ini diuji coba dalam berbagai lingkungan pembelajaran dan jenjang pendidikan untuk mengukur efektivitasnya secara lebih luas.