Pelaksanaan Penyimpanan Family Folder Terhadap Efektivitas Penyimpanan Berkas Rekam Medis di Puskesmas Cikaro

Main Article Content

Rizka Fujiawanti
Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia
Defi Eka Novianty
Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia
Erix Gunawan
Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia

Latar Belakang: Bentuk sistem penomoran dan penyimpanan yang baik merupakan tahap awal dalam pemberian pelayanan terhadap pasien. Pengambilan dan penyimpanan rekam medis yang cepat merupakan elemen penting dalam pemberian pelayanan. Perlu kehati-hatian dalam merencanakan sistem penomoran dan penyimpanan.


Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pelaksanaan penyimpanan berkas rekam medis menggunakan penomoran family folder di Puskesmas Cikaro.


Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah praktik kerja lapangan yang bersifat deskriptif, dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 4 orang karyawan di Instalasi Rekam medis. Objek penelitian adalah aplikasi simpus yang digunakan di pendaftaran, Standar operasional prosedur dan ruang penyimpanan berkas rekam medis.


Hasil: Hasil penelitian menunjukan adanya nomor rekam medis yang ganda, terdapat Missfile dan banyak map rekam medis yang disimpan tidak sesuai dengan penjajaran yang ada.


Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, maka peneliti menyimpulkan petugas rekam medis di Puskesmas Cikaro sudah ada yang berkualifikasi pendidikan perekam medis dan informasi kesehatan.


Keywords: rekam medis;, penomoran;, penyimpanan.