Implementasi Model Pembelajaran Inovatif Dan Interaktif Berbasis Pbl Dan Diferensiasi Pada Tema 'Pancasila Sebagai Nilai Kehidupan' Di Kelas 4 Sd Katolik Yos Sudarso

Main Article Content

Elisabeth Yusnita
Universitas Terbuka

Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan model pembelajaran inovatif berbasis Problem-Based Learning (PBL) dan diferensiasi pada tema "Pancasila sebagai Nilai Kehidupan" untuk siswa kelas 4. Model ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna. Penerapan PBL mendorong siswa mengeksplorasi masalah nyata terkait nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sementara diferensiasi menyesuaikan proses pembelajaran dengan karakteristik, minat, dan gaya belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui implementasi model pembelajaran inovatif berbasis Problem-Based Learning (PBL) dan diferensiasi. Pendekatan Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung oleh data kuantitatif untuk mengevaluasi hasil belajar siswa melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen.. Hasil implementasi menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap nilai Pancasila, partisipasi aktif, serta keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Evaluasi akhir menunjukkan sebagian besar siswa mampu mengidentifikasi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam konteks nyata. Studi ini menekankan pentingnya penggunaan model PBL dan diferensiasi untuk menciptakan pembelajaran Pancasila yang interaktif dan relevan dengan kebutuhan siswa.


Keywords: Problem-Based Learning;, Diferensiasi;, Pancasila; , Pendidikan Kelas 4; , Keterampilan Berpikir Kritis; , Pembelajaran Interaktif