PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DAN INTERAKTIF BERBASIS INKUIRI TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN MAUMARU DALAM MATERI PERBANDINGAN DAN PENGURUTAN PECAHAN
Main Article Content
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan model pembelajaran interaktif yang inovatif berbasis inkuiri terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar dalam membandingkan dan mengurutkan pecahan untuk siswa kelas 4 di SDN Maumaru. Model pembelajaran ini dirancang dengan mengintegrasikan kearifandan budaya lokal, termasuk tradisi berbagi pada acara-acara besar dan penggunaan produk lokal (pepaya,Ubi Kayu, Labu Lilin,dan pisang) sebagai sarana pembelajaran. Prosedur penelitian melibatkan pengelompokan siswa berdasarkan gaya belajar mereka (auditori, visual, dan kinestetik) dan kemampuan awal yang diidentifikasi dalam asesmen awal. Sebanyak 22 siswa,12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan,dibagi menjadi 5 kelompok yang seimbang. Hasil asesmen awal menunjukkan bahwa 9 siswa berada dalam kategori belum berkembang, 9 siswa mulai berkembangdan 4 siswa sudah berkembang. Pelajaran dilaksanakan dalam 6 JP (35 menit/JP) dan media pembelajaran seperti video dan alat peraga dengan bahan lokal disediakan. Guru juga menggunakan layer in-focus untuk mendukung penjelasan konsep pecahan dan membantu penyelesaian lembar kerja peserta didik (LKPD). Setelah pelaksanaan penelitian, penilaian formatif dan sumatif menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa.Hasil penilaian akhir menunjukkan bahwa hanya satu siswa yang masih berada dalam kategori kurang berkembang dalam memahami konsep membandingkan dan mengurutkan pecahan,dua siswa mulai berkembang, dan 19 siswa menunjukkan kemajuan yang sangat baik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran interaktif yang inovatif berdasarkan inkuiri terstruktur dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Sebagai tindak lanjut, model ini dapat diterapkan secara lebih luas dengan berbagai materi lain yang diadaptasi dari media lokal untuk mendukung pembelajaran yang lebih kontekstual dan bermakna.