Pengaruh Kelengkapan Resume Medis Rawat Inap Terhadap Mutu Rekam Medis di Rumah Sakit X Kabupaten Bandung

Main Article Content

Saeful Fadhilah
Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia
Ropina Hardian Nur
Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia
Sali Setiatin
Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia

Latar Belakang: Resume medis atau ringkasan riwayat pulang (discharge summary) merupakan ringkasan dari seluruh masa perawatan dan pengobatan pasien sebagaimana yang telah diupayakan oleh para tenaga kesehatan dan pihak terkait. Lembar ini harus ditandatangani oleh dokter yang merawat pasien. Lazimnya informasi yang terdapat di dalamanya adalah jenis pengobatan, kondisi saat pulang, serta tindak lanjut.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan resume medis rawat inap terhadap mutu rekam medis di Rumah Sakit X Kabupaten Bandung.


Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, kuisioner, dan study pustaka. Teknik pengumpulan sampel dengan teknik sampling jenuh dengan sampel sebanyak 17 petugas.


Hasil: Hasil dalam penelitian ini berdasarkan uji statistik dengan signifikasi ? = 5% (0,05) atau tingkat kepercayaan 95% diperoleh pengaruh kelengkapan resume medis rawat inap terhadap mutu rekam medis sebesar 71,9%, dengan permasalah yang timbul diantaranya : (1) Masih ada komponen resume medis rawat inap yang belum lengkap/tidak di isi. (2) Ketidaktepatan waktu pengambilan, menghambat proses pengkodingan, pengklaiman dan informasi yang disampaikan kepada pimpinan rumah sakit. (3) belum optimalnya pengawasan dan kesadaran petugas medis.


Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa kelengkapan resume medis di Rumah Sakit X Kabupaten Bandung belum dapat dikatakan optimal, karena masih ada keterangan-keterangan dalam resume medis yang tidak terisi atau tidak di lengkapi oleh dokter maupun petugas yang berwenang mengisi berkas resume medis.


Keywords: kelengkapan;, resume medis;, mutu rekan medis