Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Klinik Bintang Meditama

Main Article Content

Putri Wardani
Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia

Latar Belakang: Sudah timbul bermacam kasus tentang standar pelayanan minimun, salah satunya merupakan lama waktu tunggu pelayanan rawat jalan pada bagian registrasi. Waktu tunggu yang lama ialah salah satu perihal yang dapat menimbulkan ketidakpuasan pasien. Apabila waktu tunggu lama dapat mengurangi kenyamanan pasien.


Tujuan:  Mengenali lama rata-rata waktu tunggun pelayanan registrasi pasien rawat jalan untuk dijadikan bahan penilaian agar kedepannya pelayanan di Klink Bintang Meditama khususnya pada registrasi pasien rawat jalan mampu ditingkatkan lagi serta sesuai dengan Standar Pelayanan Minimun


Metode: Tipe riset deskriptif (riset survey) di tempat registrasi penderita rawat jalan, serta memakai Metode purposive sampling ialah pengambilan ilustrasi bersumber pada kriteria yang diresmikan oleh periset ialah penderita rawat jalur baru serta lama.


Hasil: Registrasi penderita rawat jalan pada penderita baru ialah 12 menit serta pada penderita lama ialah 06 menit. Dengan demikian pelayanan di tempat registrasi penderita rawat jalan masih belum sesuai dengan Standar Pelayanan Minimun yang diresmikan di Klinik tersebut dianjurkan untuk petugas hendaknya lebih mencermati lamanya waktu tunggu di bagian registrasi rawat jalan dengan bekerja lebih kilat serta cermat sesuai dengan SOP supaya tercapainya pelayanan waktu tunggu registrasi rawat jalan yang sesuai dengan SPM yang telah didetetapkan oleh Klinik tersebut.


Kesimpulan: Berdasarkan survey kategori waktu tunggu pelayanan pendaftaran rawat jalan Klinik Bintang Meditama diketahui saat ini belum berjalan dengan baik dan belum optimal, Penulis berpendapat penelitian di klinik tersebut belum dilakukan.


Keywords: standar pelayanan minimal;, waktu tunggu;, tempat pendaftaran pasien rawat jalan.