Penggunaan Rekam Medis Elektronik Guna Menunjang Efektivitas Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Klinik dr. Ranny

Main Article Content

Sinta Apriliyani
Politeknik Piksi Ganesha Bandung, Indonesia

Latar Belakang: Rekam Medis merupakan berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan seta tindakan lain kepada pasien selama mendapatkan perawatan di penyedia layanan kepada pasien baik rawat inap maupun rawat jalan.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran pelayanan rekam medis dalam menunjang efektivitas pendaftaran.


Metode: Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian ini dilakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara kepada petugas rekam medis dan kepala unit rekam medis.


Hasil: RME telah diterapkan terkait dengan isi, kurasi, format, dan kemudahan dalam menggunakan RME. memungkinkan pengisian lebih lengkap terutama data sosial dan lebih sistematis. Pemeriksaan pasien menjadi lebih akurat atau sesuai dengan riwayat kesehatan sebelumnya karena data pasien tercatat dengan baik serta tidak mudah hilang. Format RME telah sesuai dengan format rekam medis untuk pelayanan kesehatan primer. RME sangat mudah digunakan terutama kemudahan dalam mencari data dan riwayat pasien sehingga menghemat waktu, lebih efektif, data pasien tersimpan dengan baik dan tidak mudah hilang.


Kesimpulan: Perencanaan Rekam Medis Elektronik di Klinik Dr Ranny merupakan implementasi dari perencanaan strategis. Strategi Klinik Dr Ranny dalam rangka mewujudkan pengorganisasian database pasien dalam bentuk Rekam Medis Elektronik (RME) sangat membantu pelayanan pasien. Meski masih dalam tahap permulaan namun pada masa mendatang melalui rekam medis elektronik ini maka dokter dapat mengakses database pasien melalui perangkat Handphone dan Tablet yang terkoneksi secara online dengan database.


Keywords: rekam medis, elektronik, menunjang efektivitas pendaftaran