Perancangan Sistem Informasi Retensi Rekam Medis Berbasis Web di Rumah Sakit Umum Bina Sehat

Main Article Content

Auliya Salsabila
Politeknik Piksi Ganesha
Yuda Syahidin
Politeknik Piksi Ganesha
Meira Hidayati
Politeknik Piksi Ganesha

Latar Belakang: Pelayanan kesehatan dalam  perkembangannya semakin meningkatkan kinerjanya untuk mencapai pelayanan kesehatan yang bermutu. Selain itu, masyarakat menuntut rumah sakit atau fasilitas kesehatan harus dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terkait dengan kebutuhan pasien harus dapat dilayani oleh rumah sakit  secara mudah, cepat, akurat, dengan biaya terjangkau.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem Informasi Retensi Rawat Jalan yang sedang berjalan di Rumah Sakit Umum Bina Sehat Bandung, mengetahui permasalahan yang dihadapi, serta bagaimana cara mengatasi  permasalahan retensi di Rumah Sakit Umum Bina Sehat.


Metode: Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Sedangkan metode perancangan sistem informasi ini menggunakan metode terstruktur dengan pemodelan DFD (Data Flow Diagram) yang diimplementasikan dengan mysql  sebagai database-nya. Sementara itu model pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Waterfall.


Hasil: Dari penelitian yang telah dilakukan, ternyata yang menjadi faktor permasalahan yaitu proses pengolahan data retensi masih menggunakan manual dengan bantuan aplikasi Microsoft office serta pembuatan laporan menjadi lebih lambat.


Kesimpulan: Dalam perancangan sistem informasi retensi rekam medis rawat jalan penulis mengimplementasikannya pada aplikasi Php dan database Mysql, sehingga sistem ini memiliki penyimpanan data yang lebih aman dan mudah untuk pencarian data serta mudah mudah untuk mendapatkan laporan-laporan yang diperlukan rumah sakit.


Keywords: sistem informasi manajemen, retensi rekam medis, php