Pelayanan Rekam Medis Rawat Jalan pada Masa Pandemi Covid-19 di Klinik X Kota Bandung
Main Article Content
Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelayanan rekam medis rawat jalan pada masa pandemi COVID-19 di Klinik X. Dimana bagian pendaftaran merupakan bagian yang pertama di temui oleh pasien saat pasien datang ke pelayanan kesehatan. Rekam medis tersebut merupakan pelayanan yang berfungsi untuk mendukung proses keperawatan pasien mencakup isi dan informasi-informasi data pasien
Tujuan:. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelayanan rekam medis pada masa pandemi COVID-19.
Metode: Metode jenis penelitiannya yaitu metode kualititaf penelitian ini di lakukan dengan cara observasi langsung dan wawancara kepada petugas rekam medis dan kepala unit rekam medis.
Hasil: Hasil pelayanan rekam medis di Klinik X Kota Bandung pada masa pandemi sudah menuju digitalisasi melakukan pendaftaran dan konsultasi online via whatsapp tapi masih ada kendalanya yaitu pendaftaran online pada penerimaan pendaftarannya terlambat, konsultasi online pelayanannya terlambat dan Standar Operasional penyimpanan rekam medisnya belum memenuhi standar karena tidak adanya tracer, bon peminjaman, buku register dan out guide sehingga dokumen rekam medis yang tidak ada di rak penyimpanan, pasien mendapatkan pelayannya akan terlambat. Kesimpulan Klinik X ini sudah menuju digitalisasi namun masih ada beberapa kendalanya dan perlu di perbaiki lagi.
Kesimpulan: Pada penyimpanan rekam medis Klinik X tidak menggunakan tracer, bon peminjaman dan out guide oleh karena itu petugas sering mengalami kesulitan dalam mencari dokumen rekam medis pasien yang hilang di rak penyimpanan sehingga pasien mendapatakan pelayanan selanjutnya akan terlambat. Standar Operasional Prosedur (SOP) di Klinik X ini belum memenuhi standar atau belum efektif karena masih ada beberapa bagian yang belum lengkap.