Analisis Lonjakan Pasien COVID-19 Terhadap Pemenuhan Fasilitas di RS Jasa Kartini Tasikmalaya

Main Article Content

Fakhrunisa Rajbia
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung, Indonesia
Meira Hidayati
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung, Indonesia

Latar Belakang: Meningkatnya jumlah pasien COVID-19 di Indonesia mengakibatkan penuhnya rumah sakit dan tenaga kesehatan yang mulai kewalahan dengan jumlah pasien yang terus bertambah dari hari ke hari sehingga mengakibatkan pelayanan yang diberikan kurang maksimal.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk membahas penyebab, akibat dan solusi terkait lonjakan pasien COVID-19 khususnya di Rumah Sakit Jasa Kartini Tasikmalaya.


Metode: Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan model analisis triangulasi sumber data. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit jasa Kartini Tasikmalaya pada bulan April-Mei 2021. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 685 kasus dengan sampel sebanyak 500 kasus.


Hasil: Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa penyebab umum lonjakan pasien COVID-19 adalah kejenuhan masyarakat terhadap pandemi sehingga masyarakat mulai lalai menjalankan protokol kesehatan, mobilitas tinggi akibat efek Ramadhan dan Libur Idul Fitri, banyak orang yang terus mudik lebaran. Alasan khusus lonjakan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Jasa Kartini adalah letak Rumah Sakit yang strategis sehingga mudah dijangkau pasien, dan Rumah Sakit ini telah ditetapkan oleh pemerintah daerah sebagai Rumah Sakit yang melayani pasien COVID-19 di Tasikmalaya.


Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini terdapat dampak yang dirasakan rumah sakit dengan bertambahnya pasien COVID-19 adalah fasilitas tempat tidur selalu terisi penuh, dan tenaga kesehatan yang kewalahan karena pasien terus bertambah. Solusi yang peneliti usulkan diharapkan Rumah Sakit Jasa Kartini menambah tempat tidur untuk pasien COVID-19 dan menambah tenaga kerja kesehatan sehingga akan berdampak pada pelayanan yang semakin optimal.


Keywords: COVID-19, lonjakan umum, rumah sakit