Impelementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dalam Sekolah Dasar
Main Article Content
Penelitian ini betujuan mendeskripsikan proses dan hasil implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta mengetahui sumber-sumber belajar apa saja yang tepat untuk mencapai hasil pembelajaran dan faktor yang dapat mempengaruhi implementasi RPP disekolah dasar SDN Kramat 1. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang berkarakter sangat diperlukan sejalan dengan beranekaragam corak perkembangan media pembelajaran serta sumber belajar disekitar sekolah yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam menunjang proses pembelajaran. Pembelajaran yang akan direncanakan memerlukan berbagai teori untuk merancangnya, agar rencana pembelajaran yang disusun benar-benar dapat memenuhi harapan dan tujuan pembelajaran, perlunya perencanaan pembelajaran dimaksudkan agar dapat dicapai perbaikan pembelajaran. Dalam perbaikan pembelajaran diasumsikan bahwa: Perbaikan kualitas pembelajaran; ini haruslah diawali dengan perbaikan desain pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dapat dijadikan titik awal dari upaya perbaikan kualitas pembelajaran. Dalam kondisi yang ditata dengan baik strategi yang direncanakan akan memberikan peluang dicapainya hasil pembelajaran. Disinilah peran guru mendesain pembelajaran secara terencana sehingga dapat mempermudah melakukan kegiatan pembelajaran. Jika ini dilakukan dengan baik maka sasaran akhir adalah memudahkan belajar siswa dapat tercapai.