Profil Pendidik dan Pengajar Dalam Konsep Gontor
Main Article Content
Perkembangan dan kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari perkembangan pendidikan dimana Pendidikan yang unggul adalah pendidikan yang disertai profil guru yang merupakan gambaran singkat seorang pendidik sesuai dengan kompetensinya. melalui penelitian ini penulis ingin mengungkapkan profil guru dalam perspektif lembaga pendidikan Islam. Obyek dari penelitian ini adalah salah satu lembaga pendidikan islam ternama di Indonesia, yaitu lembaga pendidikan Pondok Modern Darussalam Gontor. Penelitian ini menggunakan metode pustaka dengan mengumpulkan data dari buku, jurnal, dan literasi yang membahas profil guru secara umum maupun dalam perspektif Pondok Modern Darussalam Gontor dengan tahapan analisis data, penyaringan data, penulisan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profil guru menurut Pondok Modern Darussalam Gontor adalah pendidik dan pengajar yang memiliki karakter dan akhlak yang mulia, selalu meningkatkan dan mengembangkan diri baik intelektual maupun spritual sebagai teladan bagi para santri dan memiliki mental yang tangguh, serta jiwa kepemimpinan yang akan selalu mengawal kegiatan dan penugasan santri sebagai bentuk proses pendidikan terhadap para santri.