Pelayanan Rekam Medis Saat Pelaksaanaan PKL Mahasiswa DIII RMIK di Rumah Sakit Dustira Cimahi

Main Article Content

Nur’aini Nur’aini
a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Politeknik Piksi Ganesha";}
Sundari Septiani
Politeknik Piksi Ganesha
Dina Sonia
Politeknik Piksi Ganesha

Latar Belakang:Pelaksanaan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dibidang kesehatan khususnya di unit rekam medis memberikan kontribusi tersendiri apalagi di tengah pandemi, pasalnya di tengah karyawan yang mengharuskan isolasi namun pelayanan rekam medis harus tetap berjalan efektif. Maka dari itu penulis melakukan penelitian pelayanan rekam medis saat pelaksanaan PKL mahasiswa DIII RMIK


Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengukur tingkat efektivitas pelayanan rekam medis saat pelaksanaan PKL mahasiswa DIII RMIK.


Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yakni menjelaskan data dengan angka. Metode yang digunakan oleh penulis dalam proses penyusunan laporan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian survei deskriptif. Teknik pengambilan sampel secara random sampling dengan sampel sebanyak 15 pegawai unit rekam medis.


Hasil: Hasil penelitian dan uji validitas dan reliabilitas korelasi antara mahasiswa PKL DIII RMIK dengan meningkatnya efektivitas pelayanan rekam medis adalah 0,781 (thitung) > 0,57(ttabel)  dengan taraf signifikan 5% dengan begitu koefisien korelasinya sangat kuat, di mana pelayanan rekam medis meningkat saat adanya pelaksanaan PKL mahasiswa DIII RMIK.


Kesimpulan: Dampak pandemi COVID-19 di unit kerja rekam medis Rumah Sakit Dustira dapat menjadi penghambat dari pelayanan rekam medis, akibat adanya pegawai yang terpapar COVID-19 yang mengharuskan isolasi, adanya mahasiswa DIII RMIK yang melaksanakan PKL memberikan pengaruh terhadap meningkatnya efektivitas pelayanan rekam medis, karena dari hasil uji validitas dan reliabilitas dengan taraf signifikansi 5% menghasilkan output yang validitas dan reliabilitas dengan koefisien korelasi sangat kuat dengan thitung 0,785 > ttabel 0,514, dari segi waktu dan SDM efektivitas pelayanan rekam medis semakin meningkat dengan adanya mahasiswa DIII RMIK yang melaksanakan PKL di unit kera rekam medis.


Keywords: mahasiswa PKL DIII RMIK, efektivitas pelayanan, pegawai unit rekam medis