Analisis Pelaksanaan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dibagian Filling Rekam Medis RS X

Main Article Content

Ilman Mukti
a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Politeknik Piksi Ganesha";}
Yoga Fikri Noerpaiz Noerpaiz
Rekam Medis Informasi Dan Kesehatan, Politeknik Piksi Ganesha, Indonesia
Syaikhul Wahab Wahab
Rekam Medis Informasi Dan Kesehatan, Politeknik Piksi Ganesha, Indonesia

Latar Belakang: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di bagian filling rekam medis Rumah Sakit X Bandung.


Tujuan: Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui keselamatan dan Kesehatan kerja petugas rekam medis di RS X. Sedangkan, tujuan khususnya mengidentifikasi SPO terkait keselamatan dan Kesehatan kerja diruang filling RS X. Mengidentifikasi faktor manusia (petugas rekam medis) diruang filling RS X.


Metode: Metode penelitian yang digunakan dalam tugas akhir ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara dan dilengkapi dengan studi pustaka yang berhubungan dengan subjek.


Hasil: Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan berbagai masalah diantaranya : (1) Belum adanya prosedur tetap untuk keselamatan dan kesehatan kerja, (2) Belum lengkapnya sarana dan prasarana Keselamatan dan Kesehatan Kerja, (3) Fungsi pengawasan dan penyuluhan dalam hal keselamatan dan kesehatan kerja tidak berjalan dengan baik dan tidak dilakukan secara teratur, sehingga kurangnya kesadaran pegawai tentang pentingnya aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja.


Kesimpulan: Dari hasil diatas penulis dapat menyimpulkan bahwa di RS X dapat di katakan belum mendapatkan perhatian mengenai pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) rekam medis. Beberapa aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) rekam medis bagian penyimpanan RS X dinilai belum terlalu baik.


Keywords: keselamatan dan kesehatan kerja; tingkat kecelakaan kerja; ruang penyimpanan