Hubungan Respon Time dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cipedes

Main Article Content

Delvianie Nurdelima
a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Politeknik Piksi Ganesha";}
Paldhi Prayasta Prayasta
Rekam Medis, Politeknik Piksi Ganesha, Indonesia1
Erix Gunawan Gunawan
Rekam Medis, Politeknik Piksi Ganesha, Indonesia

Latar Belakang: Puskesmas merupakan fasilitas untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Pelayanan yang baik merupakan suatu faktor pendukung untuk meningkatkan kepuasan pada pasien. Salah satunya adalah melalui respons time agar memberikan kepuasan pasien. Disetiap  kepuasan pelayanan pasien sangatlah penting karena sebagai pintu gerbang pada pelayanan pertama. Untuk itu kualitas pelayanan harus dijaga agar kepuasan pasien terhadap pelayanan akan membentuk loyalitas pasien, sehingga bisa memuaskan pasien untuk menjaga nama baik dimata pasien.


Tujuan: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan respons time dengan kepuasan pasien Di Puskesmas Cipedes.


Metode: Metode yang digunakan adalah menggunakan desain penelitian survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional.


Hasil: Dari hasil penelitian yang kami temukan bahwa masih terdapat masalah pada saat memberi respons time sehingga berpengaruh terhadap kepuasan pasien.


Kesimpulan: Kesimpulan dari hasil penelitian yang kami teliti yaitu response time sudah dijalankan dengan baik namun masih ada responden yang mengisi masih lambat khususnya dibagian pendaftaran rekam medis dan untuk kepuasan pasien masih ada responden yang mengisi tidak puas.


Keywords: respons time; pelayanan; kepuasan pasien.