Analisis Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Klinik Utama Melati Bunda

Main Article Content

Nadila Nurulita
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
Nurulita Lufiah Lufiah
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung
Meira Hidayati Hidayati
Politeknik Piksi Ganesha, Bandung

Latar Belakang: Peran Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama pada masa pandemi Covid-19 sangat penting seperti Klinik yang memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada pasien. Kasus Covid-19 di Bandung memiliki jumlah kasus yang cukup banyak di Provinsi Jawa Barat. Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang mengakibatkan terinfeksinya saluran pernafasan


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa jumlah kunjungan pasien rawat jalan pada masa pandemi Covid-19 di Klinik Utama Melati Bunda.


Metode: Penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi langsung dan penelusuran dokumen di unit Rekam Medis


Hasil: Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Klinik Utama Melati Bunda memiliki perubahan pada sistem pelayanan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, dan pasien yang akan melakukan tindakan kuretase dan persalinan dianjurkan melakukan swab test antigent terlebih dahulu.


Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pandemi Covid-19 tidak mempengaruhi jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Klinik Utama Melati Bunda, diantaranya menerapkan protokol kesehatan dan memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan kepada pasien sehingga jumlah kunjungan pasien rawat jalan mengalami peningkatan.


Keywords: pandemi covid-19; jumlah kunjungan.