Tinjauan Penyebab Terjadinya Missfile Bagian Penyimpanan Guna Menunjang Penerapan Unsur Manajemen di RS Kencana Serang

Main Article Content

Suci Aulia Ramadhanti
Politeknik Piksi Ganesha
Winda Nurhizriyati
Politeknik Piksi Ganesha
Erix Gunawan
Politeknik Piksi Ganesha

Latar Belakang: Rekam medis sebagai salah satu dokumen penting dari suatu institusi yang menyediakan layanan kesehatan hingga saat ini masih memiliki sejumlah dinamika yang cukup kompleks dalam proses pengelolaannya. Ketidaktepatan penyimpanan dokumen rekam medis dapat menghambat pelayanan kesehatan. Di Rumah Sakit Kencana Kota Serang kerap ditemukan missfile. Hal ini dikarenakan masih belum optimal dalam pelaksanaannya, penggunaan tracer dan kode warna yang belum dilakukan, SPO yang ada belum dapat dilaksanakan secara maksimal, para petugas yang mengelola dokumen rekam medis juga belum pernah mengikuti pelatihan, serta minimnya kapasitas ruang filling.


Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam tentang apa saja yang menjadi penyebab terjadinya missfile dokumen rekam medis di Rumah Sakit Kencana Kota Serang dilihat dari aspek manajemen nya.


Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan pedoman observasi dan wawancara.


Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama terjadinya missfile di Rumah Sakit Kencana Kota Serang adalah mengenai keterbatasan kapasitas ruang filling yang akhirnya menimbulkan multiplier effect berupa dokumen rekam medis yang tersimpan secara acak (tidak teratur), sehingga diharapkan agar menambah kapasitas ruang penyimpanan dokumen rekam medis melalui pembangunan ruang penyimpanan baru yang lebih representatif.


Kesimpulan: Kesimpulannya penelitian ini bahwa penyebab paling dominan atas terjadinya missfile pada rumah sakit tersebut adalah karena unsur material dimana kapasitas ruangan penyimpanan dokumen rekam medis dapat dikategorikan sudah over capacity.


Keywords: missfile, dokumen rekam medis, manajemen