Analisis Penggunaan Telemedicine pada Pendaftaran Rekam Medis Klinik Pratama Medika Antapani

Main Article Content

Aini Nuroctaviani
Politeknik Piksi Ganesha
Ervina Permata Satia
Politeknik Piksi Ganesha
Dina Sonia
Politeknik Piksi Ganesha

Latar Belakang: Rekam medis merupakan bagian penting dalam penanganan kesehatan pasien pada saat sekarang di masa mendatang. Peraturan Menteri Kesehatan No. 269 Tahun 2008 menyatakan bahwa rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien. Rekam medis harus dibuat secara tertulis, lengkap dan jelas atau secara elektronik. Teknologi di bidang kedokteran semakin berkembang, salah satunya adalah telemedicine. Telemedicine ialah pemberian layanan kesehatan jarak jauh oleh profesional kesehatan dengan memakai teknologi data dan komunikasi, termasuk diagnosis, pengobatan, pencegahan penyakit dan cedera, penelitian dan evaluasi, dan pendidikan berkelanjutan penyedia layanan kesehatan buat kepentingan peningkatan kesehatan individu serta masyarakat.


Tujuan: tujuan karya tulis ilmiah ini adalah untuk mengenal dan mengetahui tentang telemedicine. Karya tulis ilmiah ini menggunakan metode observasi dan wawancara langsung kepada petugas rekam medis di Klinik Pratama Medika Antapani. Telemedicine bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan meningkatkan kualitas efisiensi pelayanan kesehatan.


Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis.


Hasil: Kendala yang timbul dalam penerapan telemedicine berasal dari sumber daya manusia dan sarana prasarana yang digunakan.


Kesimpulan: Kesimpulannya telemedicine merupakan teknologi baru di bidang kedokteran yang sangat berguna dalam proses pengobatan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.


Keywords: rekam medis, telemedicine, pelayanan telemedicine