Analisis Kelengkapan Rekam Medis Rawat Inap Di RSUD Bayu Asih Purwakarta

Main Article Content

Dendi Ahmad Maulana
Politeknik Piksi Ganesha
Leni Herfiyanti
Politeknik Piksi Ganesha

Latar Belakang: Rumah Sakit merupakan suatu organisasi yang bergerak dibidang pelayanan, oleh karena itu wajib menyelenggarakan rekam medis demi tercapainya administrasi yang baik. Pendaftaran, pengisian data, pengolahan dan analisis serta pendokumentasian, hal tersebut merupakan proses dari penyelenggaraan rekam medis. Pengisian rekam medis di katakan baik jika item item pada lembar rekam medis diisi dengan data yang lengkap. Rekam medis yang lengkap merupakan nilai mutu dari sebuah rumah sakit tersebut.


Tujuan: Berdasarkan latar belakang di atas peneliti ingin mengetahui persentase angka  kelengkapan pengisian rekam medis di RSUD Bayu Asih Purwakarta.


Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah rekam medis rawat inap sebanyak 82 rekam medis.


Hasil: Persentase  kelengkapan untuk rekam medis identitas pasien sebesar 100%, ringkasan masuk dan keluar sebesar 100%, General consent sebesar 100%, Informed consent bedah sebesar 52,5%, laporan anastesi sebesar 100%, Asesmen gizi sebesar 84,1%, Resiko jatuh sebesar 97,5%. Kelengkapan pada pengisian rekam medis rawat inap di RSUD Bayu Asih Purwakarta yang paling tinggi pada item Informed consent bedah.


Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian d iatas yang dilakukan di RSUD Bayu Asih Purwakata persentase  kelengkapan untuk rekam medis identitas pasien sebesar 100%, ringkasan masuk dan keluar sebesar 100%, General consent sebesar 100%, Informed consent bedah sebesar 52,5%, laporan anastesi sebesar 100%, Asesmen gizi sebesar 84,1%, Resiko jatuh sebesar 97,5%.


Keywords: rekam medis rawat inap, kelengkapan, rumah sakit