Analisis Ketepatan Kode External Cause di Rumah Sakit Angkatan Udara dr.M.Salamun

Main Article Content

Gishella Nur Fadhilah
Politeknik Piksi Ganesha
Leni Herfiyanti
Politeknik Piksi Ganesha

Latar Belakang: External cause adalah kode yang digunakan dalam mengklasifikasi penyebab luar terjadinya suatu penyakit yang diakibatkan karena kasus kecelakaan, cedera, pendarahan, keracunan, bencana alam, maupun penyebab lainnya.


Tujuan: tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketepatan kode external cause berdasarkan ICD 10, untuk mengetahui proses pelaksanaan pengkodean external cause dan untuk mengetahui faktor penyebab ketidaktepatan kode external cause.


Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian survey deskriptif. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel random sederhana dengan total sampel berjumlah 70 dokumen rekam medis.


Hasil: menunjukan bahwa ketepatan kode external cause hanya berjumlah 1 kasus dengan kode tepat, dan 69 kasus dengan kode tidak tepat. Ketidaktepatan kode external cause disebabkan oleh kesalahan pemilihan blok kategori, kesalahan pemilihan kategori tiga karakter, kesalahan pemilihan kode karakter ke empat dan tidak adanya kode karakter ke lima.


Kesimpulan: Ketepatan kode external cause di Rumah Sakit Angkatan Udara dr.M.Salamun masih tergolong kurang baik Berdasarkan hasil penelitian terdapat 1,43% atau sebanyak 1 kasus dengan kode yang tepat dan sebesar 98,57% atau sebanyak 69 kasus dengan kode yang tidak tepat.


Keywords: external cause, ketepatan, pengkodean