Perhitungan Kebutuhan Rak Penyimpanan Dokumen Rekam Medis di Ruang Filing RSIA Humana Prima Bandung Tahun 2021

Main Article Content

Lilis Nurindah Sari
Politeknik Piksi Ganesha
Dina Sonia
Politeknik Piksi Ganesha

Latar Belakang: Penambahan Rak Penyimpanan Dokumen Rekam Medis diharapkan dapat menunjang fasilitas dan memudahkan pengelolaan data di Rumah Sakit tersebut.  Tersedianya rak penyimpanan dapat mempermudah dalam penyimpanan dokumen rekam medis agar tidak terjadi penumpukan dokumen di ruangan tersebut.


Tujuan: Tujuan dari peneliti untuk mengetahui Perhitungan Kebutuhan Rak Pernyimpanan Dokumen Rekam Medis di Ruang Filing RSIA Humana Prima Bandung.


Metode: Jenis penelitian yang digunakan Deskritif dengan metode Observasional dan studi pustaka dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi yang digunakan yaitu dokumen rekam medis pasien Rawat Inap dan Rawat Jalan bulan Januari-Mei 2021 yang berjumlah 15.439 dokumen rekam medis. Sistemastika sampel yang dipakai berupa sistematik Random Sampling yang berjumlah 50 dokumen rekam medis.  


Hasil: Hasil penelitian yang digunakan untuk memperoleh luas ruangan yang dibutuhkan 58,32 m2 dengan panjang 10,8 m dan lebar 5,4 m, dengan ukuran rak panjang 4,5 m dengan jumlah muka 2 sharft 5 memperoleh penambahan 7 rak untuk 5 tahun yang akan datang. Rak di RSIA Humana Priama Bandung saat ini berjumlah 9 rak. Telah diperoleh perhitungan penambahan rak berupa rak roll o’pack sebanyak 7 rak. Jadi, total rak diruangan tersebut terdapat 16 rak. Jarak yang di usulkan selebar 90 cm antar rak. 


Kesimpulan: RSIA Humana Prima Bandung memiliki keterbatasan dalam penyimpanan (filing) dan memiliki ruang penyimpanan yang kurang memadai. Jumlah rak penyimpanan rawat inap dan rawat jalan di RSIA Humana Prima saat ini yaitu 9 rak yang terdiri dari rak besi dan rak roll o’pack.


Keywords: penyimpanan dokumen rekam medis, roll o’pack, RSIA Humana Prima Bandung