Analisis Kelengkapan Pengisian Ringkasan Masuk dan Keluar Rawat Inap Ruang Isolasi Penyakit Covid-19 di Rumah Sakit X Bandung

Main Article Content

Annisa Hafizatil Qurani
Politeknik Piksi Ganesha
Meira Hidayati
Politeknik Piksi Ganesha

Latar Belakang: Formulir ringkasan masuk dan keluar merupakan salah satu formulir yang bernilai guna dan tidak dimusnahkan, sehingga wajib terisi lengkap sesuai dengan standar pelayanan minimal rumah sakit yaitu 100%.


Tujuan: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelengkapan pengisian ringkasan masuk dan keluar rawat inap ruang isolasi penyakit Covid-19 di Rumah Sakit X Bandung.


Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan metode analisis kuantitatif. Dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan sampel sebanyak 52 sampel ringkasan masuk dan keluar kasus penyakit Covid-19 dari jumah populasi sebanyak 108 rekam medis pada bulan april 2021.


Hasil: hasil penelitian presentase kelengkapan pengisian ringkasan masuk dan keluar rawat inap ruang isolasi penyakit Covid-19 di Rumah Sakit x Bandung masih belum 100% dengan persentase kelengkapan sebesar 77% dan ketidaklengakapan sebesar 23%.


Kesimpulan: Simpulan bahwa persentase kelengkapan tertinggi terdapat pada review pencatatan, sedangkan persentase ketidaklengkapan tertinggi terdapat pada item review auntetifikasi. Adapun faktor penyebab ketidaklengkapan pengisian ringkasan masuk dan keluar adalah banyaknya tenaga kesehatan yang terpapar virus Covid-19 dan faktor keterbatasan waktu serta kesibukan dokter penanggung jawab pelayanan.


Keywords: kelengkapan, ringkasan masuk dan keluar, rawat inap, ruang isolasi penyakit Covid-19