Evaluasi Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar

Authors

  • Andini Aqmarani Universitas Muhammadiyah Tanggerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tanggerang
  • Nisa Ayudhiya Universitas Muhammadiyah Tanggerang

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i2.14

Keywords:

kompetensi; pembelajaran; evaluasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap evaluasi yang dilakukan oleh guru di SDN Wanakerta II, Sindang Jaya, Tangerang, Banten. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mewawancarai beberapa guru di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran dikelas akan berdampak kepada peningkatan kemampuan guru,  sebab guru yang kompeten adalah guru mampu untuk mengelola kelas dan mengevaluasi siswa secara individu maupun kelompok. Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi dasar dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan,  dan pencapaian belajar peserta didik, serta keefektifan pendidik dalam mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SDN Wanakerta II akan memberikan evaluasi setelah mengulang pembelajaran yang telah dipelajari dan setelah itu para guru menjelaskan pembelajaran yang akan di pelajari dengan menggunakan media observasi untuk siswa agar siswa mencari tahu sendiri dan setelah itu baru guru akan menjelaskan.

Downloads

Published

2021-02-25

How to Cite

Aqmarani, A., Ina Magdalena, & Nisa Ayudhiya. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar . Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i2.14