Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rekam Medis di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan RSU Bina Sehat

Main Article Content

Vira indriyani
Politeknik Piksi Ganesha bandung
Leni Herfiyanti
Politeknik Piksi Ganesha

Latar Belakang: Tempat pertama kali terjadinya kontak antara pasien dengan rumah sakit adalah Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (TPPRJ) merupakan salah satu bagian pelayanan kesehatan yang menangani penerimaan pasien, baik yang akan berobat jalan maupun yang akan dirawat inap di rumah sakit.


Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan rekam medis pendaftaran rawat jalan RSU Bina Sehat.


Metode penelitian: menggunakan pendekatan kuantitafit dengan Variabel Bebas (Kepuasan Pasien) dan Variabel Terkait (Mutu Pelayanan rekam medis di bagian pendaftaran rawat jalan). Teknik pengumpulan data primer meliputi penyebaran kuesioner, wawancara, studi pustaka. Populasi dalam penelitian ini merupakan pasien rawat jalan RSU Bina Sehat. Sampel yang diambil menggunakan rumus taro Yamane yang menghasilkan 99 sampel. Teknik Analisis data Uji Validasi, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Hipotesis T, Uji Korelasi, Uji Regresi Linear sederhana, Uji Signifikan dan Koefisien Determinasi.


Hasil: penelitian ini menunjukkan nilai koefisien determinasi sebesar 64,2% artinya ada pengaruh dari variabel kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan rekam medis di bagaian pendaftaran rawat jalan RSU Bina Sehat, sedangkan sisanya 35,8% dipengaruhi faktor lain yang  tidak diteliti. 


Kesimpulan: Dari penelitian ini terdapat beberapa masalah yaitu: (1) Mutu pelayanan rekam medis di bagian pendaftaran rawat jalan yang kurang maksimal, (2) Proses antrian pendaftaran pasien rawat jalan yang cukup lama. Saran dalam penelitian ini: (1) Sebaiknya agar pihak rumah sakit dapat melakukan pelatihan dan pendidikan kepada para petugas pelayanan pendaftran guna meningkatkan kepuasan pasien dalam mutu pelayanan rekam medis di bagian pendaftaran rawat jalan. (2) Sebaiknya agar pihak rumah sakit dapat menambah sumber daya manusia di bagian pendaftaran rawat jalan agar meminimalisir antrian yang cukup lama.


Keywords: kepuasan pasien, mutu pelayanan rekam medis, pendaftaran rawat jalan