Evaluasi Penerapan Rekam Medis Elektronik Rawat Jalan Di Rumah Sakit Umum X Bandung Tahun 2021

Main Article Content

revi rosalinda
Politeknik Piksi Ganesha Bandung
Sali Setiatin Setiatin
Politeknik Piksi Ganesha Bandung
Aris Susanto Susanto
Politeknik Piksi Ganesha Bandung

Latar Belakang: Rekam Medis Elektronik (RME) merupakan teknologi pendukung yang memungkinkan pengguna memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan berkualitas dibandingkan dengan rekam medis berbasis kertas. Salah satu penyelenggara pelayanan kesehatan adalah rumah sakit. Instalasi rawat jalan merupakan salah satu bentuk unit kerja di rumah sakit. Pelayanan rawat jalan memberikan pelayanan kepada pasien yang tidak mengharuskan pasien untuk dirawat inap. Penerapan RME di RSU X Bandung belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik di beberapa instalasi rawat jalan.


Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerapan rekam medis elektronik rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah X Bandung.


Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Identifikasi masalah menggunakan metode TAM (Technology Acceptance Model) dengan mengkaji tiga aspek yaitu aspek kegunaan, aspek kemudahan penggunaan, dan aspek minat perilaku.


Hasil: Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Sakit Umum Daerah X Bandung belum sepenuhnya maksimal dalam mengimplementasikan penggunaan rekam medis elektronik. Masih terdapat beberapa permasalahan dan kekurangan yaitu sarana & prasarana yang belum memadai, belum adanya staf atau tim khusus yang menangani masalah pelaksanaan rekam medis elektronik, serta belum adanya kebijakan tertulis dan SOP yang tetap.


Kesimpulan: Rumah Sakit Umum Daerah X Bandung belum sepenuhnya menerapkan RME karena masih terdapat beberapa kelemahan dan kekurangan pada sistem yang digunakan serta belum memadainya sarana dan prasarana yang mendukung penerapan RME di rumah sakit ini.


Keywords: evaluasi, rumah sakit, rawat jalan, rekam medis elektronik