Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Diskon Flash Sale Terhadap Keputusan Pembelian Produk Viva Cosmetics Pada Marketplace
DOI:
https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i10.2860Keywords:
Online Customer Review, Online Customer Rating, Diskon Flash Sale, Keputusan Pembelian, Viva CosmeticsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review, online customer rating, dan diskon flash sale terhadap keputusan pembeliann produk Viva Cosmetics di platform marketplace. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yaitu konsumen yang pernah membeli produk Viva di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, dan Blibli. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial online customer review, online customer rating dan diskon flash sale berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel tersebut juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,738 mengindikasikan bahwa 73,8% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ketiga variabel dalam model, sementara sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Risma Amelia Putri, Qristin Violinda, Shofif Sabaruddin Akbar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.