Peran Kepemimpinan dan Komunikasi Dalam Meingkatkan Kinerja Tim Yang Efektif
Main Article Content
Penelitian ini membahas pentingnya komunikasi yang efektif dan kepemimpinan dalam manajemen kinerja untuk mencapai tujuan organisasi. Pemimpin memiliki tanggung jawab untuk mengarahkan dan memotivasi tim dengan kualitas seperti integritas dan kemampuan komunikasi yang baik. Manajemen kinerja merupakan proses yang melibatkan komunikasi antara manajemen dan karyawan untuk meningkatkan kinerja individu, tim, dan organisasi, yang mencakup kesepakatan, ukuran, umpan balik, dan penguatan positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan dan komunikasi dalam meingkatkan kinerja tim yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka dan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan kenyataan dalam manajemen kinerja, dengan fokus pada pentingnya perencanaan dan evaluasi dalam meningkatkan kinerja di masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif sangat penting untuk memandu, memotivasi, dan mengevaluasi pelaksanaan kinerja. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa komunikasi yang baik dalam organisasi sangat diperlukan untuk mencapai tujuan dan mengatasi masalah yang muncul, serta menekankan pentingnya kepemimpinan yang efektif dalam membangun sistem manajemen kinerja yang solid untuk mencapai produktivitas optimal.