Problematika Psikologis Peserta Didik Dalam Pembelajaran Mahaarah Kalaam Di Salah Satu SMP Islam Di Bekasi

Main Article Content

Annisa Faraz Azizah
Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hidayatunnajah

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan temuan dan pembahasan terkait proses pembelajaran mahaarah kalam, serta mengidentifikasi problematika psikologis dan dampaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai proses pembelajaran mahaarah kalam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi di lokasi penelitian, wawancara dengan seorang guru dan lima peserta didik, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran di kelas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yang bertujuan untuk memilih partisipan yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga tahapan yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran mahaarah kalam, yaitu at-Takhthiith, at-Tanfiidz, dan at-Taqyiim. Problematika psikologis yang ditemukan di antaranya kurang percaya diri, malu, gugup, dan cemas. Guru mengatasinya dengan pendekatan, permainan yang relevan, dan ice breaking sehingga problematika psikologis tersebut dapat teratasi. Kesimpulannya, upaya yang dilakukan oleh guru terbukti efektif, dengan nilai peserta didik yang mencapai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).


Keywords: mahaarah kalaam, metode, guru, peserta didik