Peran Influencer Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Promosi Produk di Aplikasi TikTok

Authors

  • Della Della Institute of Communication and Business LSPR, Indonesia
  • Shaffa Mutia Ulfa Institute of Communication and Business LSPR, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i11.2947

Keywords:

CrowdDana ,, 4C,, TikTok,, Kesadaran Merek,, Influencer

Abstract

Media sosial memainkan peran baru dan populer di perusahaan sebagai strategi pemasaran. Salah satu platform tersebut adalah TikTok, aplikasi media sosial yang telah menyebar di seluruh dunia. Pertumbuhan TikTok yang cepat membantu influencer memperluas jangkauan mereka dan menarik audiens yang besar. Hal ini, tentu saja, dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk mereka dan memperkuat kesadaran merek. Salah satu perusahaan yang menggunakan platform TikTok untuk meningkatkan kesadaran merek adalah PT CrowdDana Teknologi Indonusa. PT CrowdDana Teknologi Indonusa adalah platform layanan pendanaan berbasis teknologi yang memberikan kesempatan kepada publik untuk berinvestasi dalam bisnis secara kolektif. Sebagai sebuah perusahaan, CrowdDana memanfaatkan TikTok untuk menyebarkan informasi dan menumbuhkan kesadaran merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana PT CrowdDana Teknologi Indonusa meningkatkan kesadaran merek melalui promosi produk dan untuk memeriksa peran influencer di TikTok. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4C pemanfaatan media sosial Chris Heuer, yang meliputi konteks, komunikasi, kolaborasi, dan koneksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, studi literatur, dan penelitian internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teori 4C oleh para influencer di platform TikTok merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek. Di antara keempat elemen yang diterapkan oleh para influencer, tingkat kesadaran merek yang tercapai berada pada tahap mengingat merek (brand recall). Strategi konten promosi, terutama yang dikemas dan disampaikan oleh makro influencer, merupakan pendekatan CrowdDana untuk memperkuat ingatan konsumen terhadap produk mereka.

Downloads

Published

2025-11-17

How to Cite

Della, D., & Mutia Ulfa , . S. (2025). Peran Influencer Dalam Membangun Brand Awareness Melalui Promosi Produk di Aplikasi TikTok. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 2625–2635. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i11.2947