Analisis Aktivitas Komunikasi Korporat Melalui Media Sosial

Authors

  • Tohali Tohali Universitas Paramadina, Indonesia
  • Ody Juniansyah Universitas Paramadina, Indonesia
  • Rini Sudarmanti Universitas Paramadina, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i11.2793

Keywords:

aktivitas komunikasi, media sosial, air minum dalam kemasan, strategi komunikasi, interaksi audiens, efektivitas konten

Abstract

Penelitian ini menganalisis aktivitas komunikasi korporat melalui media sosial oleh tiga merek air minum dalam kemasan (AMDK) di Indonesia: AQUA, Pristine 8.6+, dan LeMinerale. Dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi, penelitian ini membandingkan frekuensi dan jenis konten, tingkat interaksi audiens, konsistensi pesan antar platform, serta efektivitas strategi komunikasi. Hasil menunjukkan bahwa AQUA fokus pada edukasi dan keberlanjutan, Pristine 8.6+ menekankan edukasi kesehatan, sementara LeMinerale mengutamakan promosi emosional dan gaya hidup. Penelitian ini memberikan wawasan tentang tantangan dan peluang dalam pengelolaan komunikasi korporat digital serta rekomendasi strategis untuk praktik komunikasi yang lebih efektif.

Downloads

Published

2025-11-13

How to Cite

Tohali, T., Juniansyah , O. ., & Sudarmanti, R. . (2025). Analisis Aktivitas Komunikasi Korporat Melalui Media Sosial. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(11), 2521–2531. https://doi.org/10.59141/cerdika.v5i11.2793